Rabu, 15 Desember 2010

433 Ribu Orang Amerika Tewas Akibat Rokok

SUDAH diperingatkan ahli kesehatan, merokok itu bisa merusak paru-paru dan mendatangkan berbagai penyakit fatal seperti kanker paru. Tapi tetap saja masyarakat tak cuma di luar negeri, juga Indonesia yang bandel alias tidak mau peduli dengan peringatan tersebut. Akibatnya, kematian akibat rokok terus melonjak.

Asap rokok bahkan bisa bisa menyebabkan kerusakan dini bagi paru-paru. Presiden AS Barack Obama rupanya tak mau rakyatnya kena penyakit mematikan tersebut sehingga berniat mengutamakan upaya penghentian merokok.

Kegiatan merokok tidak hanya menyakiti sang perokok, namun juga orang di sekeliling mereka. Seluruh pajak, larangan serta perlakuan harus dijalankan bersama untuk membantu menurunkan jumlah kegiatan merokok, ujar Dokter Bedah Umum AS, Dr Regina Benjamin dalam laporannya mengenai kegiatan merokok.

“Zat kimia di dalam rokok tembakau mencapai paru-paru dengan cepat setiap kali menghirupnya sehingga menyebabkan kerusakan dini,” ujar Benjamin. Bahkan, tambahnya, dengan menghisap sejumlah kecil rokok tembakau dapat merusak DNA sehingga menyebabkan kanker.

Menurut beberapa sumbur di lingkungan bedah umum juga mengatakan perusahaan tembakau sengaja merancang sejumlah rokok dan produk tembakau lainnya agar bersifat adiktif atau kecanduan. Mereka juga telah meluncurkan produk tembakau terbaru yang diduga lebih aman namun pada kenyataannya tetap berbahaya dan bersifat adiktif.

Lebih lanjut Benjamin mengatakan, sepertiga orang yang pernah mencoba rokok akan menjadi perokok berat. “Selama dua tahun terakhir, kami telah berupaya untuk mengurangi penggunaan tembakau, termasuk melaksanakan undang-undang yang mengatur produk tembakau, membiayai upaya pengaturan tembakau lokal dan meluaskan akses jaminan pemerataan penghentian tembakau,” ujar Menteri Kesehatan dan Pelayanan Masyarakat Kathleen Sebelius.”Hal itu masih menjadi kunci utama pemerintahan kami,” tambahnya.



Riset menunjukkan rokok telah membunuh 443.000 warga setiap tahun di AS dan satu dari setiap lima orang meninggal dunia akibat kanker, penyakit jantung, penyakit paru-paru serta penyebab lainnya. Beban ekonomi penggunaan rokok tercatat pada lebih dari 193 miliar dolar AS per tahun yang terdiri dari biaya kesehatan dan kerugian produktivitas,” ujar Sebelius.

“Lebih dari 1.000 warga tewas setiap hari akibat rokok dan satu setengah dari semua perokok jangka panjang terbunuh oleh penyakit yang ditimbulkan karena merokok,” kata dokter bedah ini.

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), Dr Thomas Frieden, Dewan Pemerintah urusan Makanan dan Obat-Obatan dan Dr Margaret Hamburg, menegaskan riset ini juga menghasilkan cara mengurangi kegiatan merokok.


“Dampak terbesar datang ketika kami menaikkan harga tembakau, melarang tindakan merokok di tempat umum, menawarkan perawatan penghentian merokok yang mudah didapat dan terjangkau serta menggabungkan kampanye media dan upaya lainnya,” ujar mereka. CDC memperkirakan sekitar 23 persen orang dewasa AS dan 17 persen siswa Sekolah Menengah Atas di AS adalah perokok.

433 Ribu Orang Amerika Tewas Akibat Rokok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mel_anie

0 komentar:

Posting Komentar