Selasa, 08 Juni 2010

Setelah 25 tahun Putusan Tragedi Bhopal baru dikeluarkan


NEW DELHI - Media di India marah besar dengan keputusan hukuman dua tahun penjara terhadap manajer India yang dianggap bersalah dalam tragedi Bhopal tahun 1984 silam. Tragedi yang kebocoran gas beracun tersebut, menyebabkan ribuan korban tewas.

Vonis yang akhirnya keluar setelah 25 tahun ini menurut media setempat, memungkinkan CEO dari pabrik Unino Carbide Warren Anderson tidak mendapatkan hukuman apapun, karena sudah kembali ke negaranya Amerika Serikat (AS).

Sementara tujuh manajer asal India yang dianggap terlibat langsung dalam insiden ini, dinyatakan bersalah oleh pengadilan di Bhopal dan dijatuhi hukuman penjara dua tahun. Namun semua terdakwa tersebut dimungkinkan bebas dengan uang jaminan. Demikian diberitakan AFP, Selasa (8/6/2010).

Atas keputusan ini, media-media lokal langsung menghina keputusan pengadilan tersebut. Umumnya mereka menghujat Warren Anderson yang kabur sesaat gas beracun bocor dari pabrik yang ia pimpin puluhan tahun lalu. Anderson sendiri saat ini hidup tenang di wilayah elit New York, AS.

Bebasnya Anderson dari segala hukuman ini juga mendapatkan sorotan dari pihak kelompok Amnesty Internasional. Mereka menilai keputusan tersebut tidak adil karena pekerja India yang terlibat berhasil dihukum, sementara Anderson yang dianggap pemimpin Union Carbide saat bencana terjadi berhasil melenggang bebas.

Pada 3 Desember 1984, gas beracun mematikan lepas dari sebuah tempat penampungan di pabrik pupuk Union Carbide. Insiden yang terjadi pada pagi hari ini, langsung menewaskan ribuan warga yang berada di sekitar pabrik tersebut seketika.

Pemerintah menyatakan 3.500 jiwa tewas dalam insiden ini dalam waktu tiga hari pertama sejak gas beracun itu keluar. Namun berdasarkan temuan Indian Council of Medical Research (ICMR), jumlah korban tewas akibat insiden tersebut mencapai angka antara 8 ribu hingga 10 ribu, dalam jangka waktu yang sama.

ICMR juga menambahkan, hingga 1994 sekira 25 ribu warga tewas akibat penyakit yang ditimbulkan dari keracunan gas tersebut. Menurut statistik Pemerintah India yang dikumpulkan setelah 1994 silam menyimpulkan, sekira 100 ribu warga yang tinggal di dekat pabrik menderita sakit kronis. Sementara 30 ribu lainnya hidup dengan air yang terkontaminasi.

Setelah 25 tahun Putusan Tragedi Bhopal baru dikeluarkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mel_anie

0 komentar:

Posting Komentar