Rabu, 02 Juni 2010

Penyakit Seribu Wajah “LUPUS”


Lupus yang ini bukan salah tokoh novel remaja popular Indonesia, tapi lupus penyakit baru yang mematikan setara dengan kanker. Tidak sedikit pengidap penyakit ini yang tidak tertolong lagi. Data dari Yayasan Lupus Indonesia mencatat, di Indonesia terdapat 10.000 odapus (orang dengan penyakit lupus). Di luar angka tersebut, masih banyak odapus yang tidak terdeteksi. Artinya, jumlah odapus bisa lebih banyak dari data tersebut. Sementara itu,di dunia ini terdapat 5 juta orang yang hidup dengan lupus, dengan sekitar 100 ribu kasus baru terjadi setiap tahunnya. Di Amerika Serikat saja sedikitnya ada 1,2 juta orang yang terkena lupus.

Arti kata lupus dalam bahasa latin berarti "anjing hutan". Istilah ini mulai dikenal sekitar satu abad yang lalu. Gejala lupus dikenal dengan sebutan Lupus Eritematosus Sistemik (LES). Eritematosus artinya kemerahan, sedangkan sitemik bermakna menyebar luas ke berbagai organ tubuh. Gejala lupus antara lain muncul ruam berbentuk kupu-kupu melintang di pipi dan hidung, sakit di dada saat menarik napas dalam, sensitif pada matahari atau sinar, rambut rontok, jari jadi putih atau biru saat dingin, anemia, dan sariawan. Lupus tidak hanya menyerang kulit tetapi juga dapat menyerang hampir seluruh organ yang ada di dalam tubuh, seperti ginjal, jantung, paru bahkan otak.
Lupus masih menyimpan banyak misteri. Sampai sekarang penyebab lupus belum diketahui secara pasti. Obat penyembuh pun belum ditemukan. Parahnya lagi, lupus juga memiliki gejala yang berbeda-beda, makanya dokter cukup sulit mendeteksi. Bahkan, karena sering menyerupai penyakit lain, lupus disebut dengan penyakit seribu wajah. Untuk itu, dibutuhkan ketelitian para dokter dalam mendiagnosis penyakit yang dialami sama penderita lupus.
Penyakit lupus diduga berhubungan dengan sistem imunitas yang berlebih. Seperti kita tahu, tubuh memiliki kekebalan untuk menyerang penyakit, sehingga tubuh tetap sehat. Namun, dalam kasus penyakit lupus, kekebalan tubuh justru menyerang organ yang sehat. Selain itu, diperkirakan penyebab lain tumbulnya lupus adalah faktor lingkungan seperti sinar matahari, obat dan intervensi virus.
Lupus bukan penyakit menular, tapi bisa diturunkan karena faktor genettik. Perlu diketahui juga, lupus lebih banyak menyerang wanita dibandingkan lelaki, biarpun sampai sekarang belum diketahui apa penyebab pastinya, tapi salah satunya mungkin disebabkan karena meningkatnya hormon estrogen yang umumnya dimiliki oleh wanita.

Penyakit Seribu Wajah “LUPUS” Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mel_anie

0 komentar:

Posting Komentar