Rabu, 09 Juni 2010

Gunung Taal di Manila dalam Tingkat Waspada Level dua


MANILA - Sebuah gunung berapi yang letaknya berdekatan dengan Ibukota Filipina, Manila, dikabarkan makin aktif dan dikhawatirkan meletus. Pemerintah setempat mengeluarkan peringatan kepada wisatawan untuk menghindari wilayah kawah gunung tersebut.

Gunung Taal yang jaraknya sekira 65 kilometer dari Selatan Manila, merupakan gunung berapi yang aktivitasnya paling tidak stabil di banding 22 gunung berapi aktif di negara tersebut. Menurut catatat, Gunung Taal sudah 33 kali meletus. Letusan terakhir tercatat pada 1977.

Para peneliti meningkatkan status terhadap gunung berapi pada level dua, hari ini. Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina menyatakan gempa vulkanik kerap terjadi di wilayah tersebut sejak April lalu. Sementara kawah dari Gunung Taal dilaporkan terus memanas.

"Status Gunung Taal saat ini ditingkatkan pada waspada level dua, yang berarti gunung berapi tersebut dapat menimbulkan aktivitas magma yang berujung pada letusan," demikian pernyataan Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina seperti dikutip AFP, Selasa (8/6/2010).

Institut juga menambahkan Pengawas Vulkanologi Filipina telah memerintahkan penutupan kawasan kawah ditutup untuk umum. Gas beracun dari kawah sangat berbahaya jika dihirup siapapun yang mendekat.

Gunung Taal di Manila dalam Tingkat Waspada Level dua Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mel_anie

1 komentar:

  1. For your information Taal Volcano is now back to alert level 1 and the photo on your post is showing Binintiang Malaki.

    BalasHapus