Kamis, 16 Juli 2009

apa itu Pemanasan Global (Global warming)?

Hemmm,,, kenapa sih kalo soal urusan hati selalu aja bikin ribet...
muales n cape mikirin hal kek ginian... sampe2 g bz tidur gara2 hal kek gini... XD
um malam-malam gini enaknya bahas apaan yah? ?_? gimana kalo ngobrolin soal pemanasan global atau istilah kerennya yah Global Warming (^^)
Sesuai dengan judul artikel kita coba bahas apa sih pemanasan global itu?
Kalau ditinjau dari kejadiannya, pemanasan global merupakan kejadian yang diakibatkan oleh :
1) Meningkatnya temperatur rata-rata pada lapisan atmosfer,
2) Meningkatnya temperatur pada air laut dan,
3) Meningkatnya temperatur pada daratan.

Gejala terjadinya pemanasan global dapat diamati dan dirasakan dengan adanya:
1) Pergantian musim yang tidak bisa diprediksi,
2) Hujan badai sering terjadi dimana-mana,
3) Sering terjadi puting beliung,
4) Banjir dan kekeringan terjadi pada waktu yang bersamaan,
5) Penyakit mewabah di banyak tempat,
6) Terumbu karang memutih.

Banyak ahli berpendapat bahwa penyebab utama pemanasan bumi adalah aktivitas manusia walau ada penyebab lain yang bersifat alami. Penyebab pemanasan bumi yang diakibatkan oleh aktivitas manusia antara lain :
1) Pembakaran bahan bakar batubara, misalnya untuk pembangkit listrik,
2) Pembakaran minyak bui, misalnya untuk kendaraan bermotor,
3) Pembakaran gas alam, misalnya untuk keperluan memasak.

Akibat dari proses pembakaran itu, karbondioksida dan gas-gas lainnya terlepas ke atmosfer. Gas-gas tersebut disebut dengan gas rumah kaca. Jika gas rumah kaca yang memenuhi atmosfer semakin banyak maka akan semakin kuat juga menjadi insulator yang menyekat panas dari sinar matahari yang dipancarkan ke permukaan bumi. Diperkirakan proses menghangat da mendinginnya bumi ini telah saling berganti-ganti dan kurang lebih terjadi selama 4 milyar tahun.

(sumber : Gatut Susanta dan Hari Sutjahto. Pemanasan global.)

apa itu Pemanasan Global (Global warming)? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mel_anie

5 komentar:

  1. Qta memang harus berusaha untuk menjaga bumi ini, demi kita, demi anak cucu kita

    BalasHapus
  2. Mungkin gempa yg akhir2 ini terjadi gara gara Global warming yah.... serem

    BalasHapus
  3. kayaknya bumi bentar lagi emang meleleh deh...uuuuu sedihnya

    BalasHapus
  4. The most dangerous word for world is Global Warming. The issue of Global Warming increase more and more. Earthquake is done due to this global warming. Many Scientist argue that the main cause of global warming is human activity even though there are other causes of a natural.

    BalasHapus