Selasa, 10 Februari 2009

Kucing Terbesar, harimau Siberia

Harimau Siberia (atau Amur) merupakan kucing terbesar di dunia. Mereka terutama hidup di hutan birch bagian selatan Russia, meskipun ada beberapa yang hidup di Cina dan Korea Utara. Ada sekitar 400 sampai 500 harimau Siberia yang hidup di alam bebas, dan menurut studi terbaru jumlah mereka tetap stabil. Meskipun iklim di bagian utara lebih keras dibanding habitat harimau lainnya, harimau Siberia memiliki beberapa keuntungan. Hutan di bagian utara memiliki kepadatan manusia yang lebih rendah, serta ekosistem yang lebih lengkap. Daratan hutan yang luas juga memungkinkan harimau ini lebih memiliki ruang gerak, karena industri kayu di Rusia tidak sebesar di negara-negara lainnya.

Harimau adalah jenis kucing liar yang terbesar dan dikenal karena kekuatan mereka. Dahulu ada 8 subspesies harimau, namun tiga subspesies punah selama abad ke 20. Selama 100 tahun terakhir, perburuan dan perusakan hutan telah mengurangi populasi harimau dari jumlah ratusan ribu menjadi sekitar 5 ribu sampai 7 ribu ekor saja. Harimau diburu sebagai trofi dan juga untuk mengambil bagian tubuh yang digunakan dalam pengobatan tradisional Cina. Lima subspesies yang tersisa kini terancam kepunahan, dan banyak program perlindungan yang belum berjalan.

Harimau hidup sendirian dan secara agresif menandai wilayah mereka untuk menjaga dari pesaing. Mereka adalah pemburu kuat yang menjelajah sejauh bermil-mil untuk mencari mangsa, seperti rusa dan babi liar dalam perburuan nocturnal. Harimau menggunakan kulit mereka (tidak ada dua harimau yang memiliki corak sama) sebagai kamuflase dan berburu secara diam-diam. Mereka berbaring menunggu dan mengendap-endap hingga cukup dekat untuk menyerang mangsa sebuah terjangan dan pukulan fatal. seekor harimau yang lapar bisa makan sebanyak 60 pon (27,2 kilogram) dalam semalam, meskipun biasanya mereka makan lebih dari itu.

Meskipun reputasi mereka menakutkan, kebanyakan harimau menghindari kontak dengan manusia; meskipun sebagian menjadi pemangsa manusia yang menakutkan. Hewan ini seringkali mengalami sakit dan tidak bisa berburu secara normal, atau hidup di area yang sudah tidak terdapat mangsa lagi.

Harimau betina melahirkan dua sampai enam bayi, yang mereka besarkan dengan sedikit atau malah tanpa bantuan dari pasangannya. Bayi harimau tidak dapat berburu sampai mereka berusia 18 bulan, dan tinggal bersama induknya selama dua atau tiga tahun, hingga mereka berpisah untuk mencari daerah mereka sendiri.

sumber : national geographic

Kucing Terbesar, harimau Siberia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mel_anie

4 komentar:

  1. cantik euy harimaunyah.......bersih lagi

    BalasHapus
  2. wah harimau yaa...kalau kecil bikin humor..tapi kalau besar jadi horor...

    BalasHapus
  3. harimau sama macan sama khan????

    kalo sama yang di sumatra bagusan mana????

    BalasHapus
  4. Kalau harimau Kalimantan masih adakah ya? waktu saya balik ke Tanjung Redeb dari Talisayan di malam hari melewati hutan lebat Kalimantan seakan-akan kita sedang melewati daerah tak bertuan, gelap, serem, sepi dan hanya gemerlap bintang malam nun jauh di angkasa sana yang menjadi teman perjalanan malam itu.

    BalasHapus