Sabtu, 07 Februari 2009

Bontang "Perikanan dan Kelautan"



Potensi terbesar Bontang adalah wilayah pesisir dan laut yang kaya akan sumber daya laut. Bontang memiliki wilayah laut yang luas, yakni 70,29 persen dari luas Bontang. Ikan laut, rumput laut, padang lamun, hutan mangrove, teripang, dan biota laut lainnya banyak terdapat di pesisir dan laut itu.

Keanekaragaman itu secara langsung memberi manfaat ekonomi bagi masyarakatnya, yakni sebagai penyedia bahan pangan, serta penyerapan tenaga kerja serta menunjang sektor pariwisata. Selama ini,pemanfaatan sumber daya alam di pesisir dan laut masih bersifat eksploitatif dan belum mengarah ke usaha-usaha budidaya laut.

Menurut hasil survei Marine Resources Evalua¬tion Project (MREP) pada 1995, diketahui bahwa sumber pesisir dan laut di Kota Bontang meliputi: hutan mangrove sekitar 600 Ha; padang lamuh 13.990.8 Ha; terumbu karang 8.744 Ha; dan rumput laut sekitar 16 Ha. Potensi tersebut dapat dikembangkan pembe¬rdayaan sumberdaya alam yang akan menjadi salah satu sektor unggulan di Kota Bontang.

Adapun potensi tersebut, berupa ekosistem terumbu karang di sepanjang perairan laut, terutama terumbu karang tepi. Sedangkan eskosistem padang lamun dan hutan mangrove berada di sekitar Pulau Melahing, Agar-agar Panjang, Karang Sengajah, dan Badak-badak.

Potensi budidaya laut dengan komoditi unggulan, berupa udang, kepiting, ikan kerapu, udang lobster, ikan kakap bakau, kakap merah, putih, teripang, rumput laut, dan tiram yang banyak dicari pasar luar negeri. Sedangkan ikan kerapu banyak terdapat di sekitar Pulau Melahing dan Kerindingan. Udang dan kepiting di perairan Tanjung Santan, hutan mangrove banyak dijumpai di Tanjung Paukung, Nyerakat, Tanjung Laut, dan Teluk Sekambing.

Sebagai contoh potensi perairan Bontang, total produksi budidaya ikan termasuk penangkapan ikan pada 2001 adalah: budidaya dalam bentuk (tambak, kolam, keramba) sebanyak 123,7 ton. Budidaya rumput iaut kering 37,25 ton, teripang 1 ton dan penangkapan ikan mencapai 3.994 ton.

Dengan demikian sangat terbuka peluang investasi untuk perikanan di Kota Bontang, berupa: peningkatan kualitas sumberdaya manusia dalam bidang kelautan dan penangkapan ikan, hatchery udang dan ikan, pasar khusus ikan, cold storage untuk hasil laut, serta industri pengolahan ikan.

Peluang investasi untuk industri rumah tangga yang telah berkembang dan menjadi daya tarik wisatawan juga terbuka. Khususnya yang mengolah hasil laut menjadi bahan makanan awetan, seperti: ikan kering dari berbagai jenis ikan laut, cumicumi, serta ikan teri. Juga udang papai yang banyak diminati, dodol rumput laut, rumput laut, terasi khas Bontang.

Referensi : http://www.bontang.go.id/

Bontang "Perikanan dan Kelautan" Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mel_anie

2 komentar:

  1. wah ini tentang bontang semua yak... keep blogging

    BalasHapus
  2. Wah tenyata bontang memiliki potensi alam yang cukup menarik ya...

    Salam kenal

    BalasHapus