Sabtu, 21 Februari 2009

AUSTRALIAN THORNY DEVIL (MOLOCH)

Hewan keren berduri yang ditemukan oleh John Gould taon 1840 ini termasuk dalam bangsa kadal. Tampangnya sangat spektakuler, dengan nama latin yang tak kalah keren, Moloch Horridus. Si Moloch ini panjang tubuhnya sekitar 4-6 cm, seperti kebanyakan kadal.

Nama Moloch diambil dari nama seorang raja, Milton Moloch, seorang raja mengerikan yang banyak mengorbankan darah manusia. Nama latin horridus berarti keras, kasar, kejam atau seram. Moloch-moloch ditemukan dalam dua habitat yang berbeda : dataran yang 'sama-sekali' berpasir di pedalaman jalur selatan Australia dan pegunungan gurun-pasir di sebelah barat-daya Australia.

Moloch-moloch sebenarnya tidak mempunyai santapan yang khusus (seperti kelelawar [i]vampire[/]i atau nyamuk yang hanya menghisap darah), mereka akan memakan beberapa spesies semut, dan yang paling mereka sukai adalah semut Iridomyrmex yang kecil-kecil. Rata-rata, mereka memakan 24 sampai 45 semut per-menit.

Moloch-moloch mempunyai sistem unik di kulit mereka, sistem higroskopik (hygroscopic), yang berbentuk aluran berliku-liku di sekujur tubuh dan berujung di samping mulut mereka. Mereka membawa air lewat pembuluh-kapiler melalui alur ini. Dengan adanya sistem ini, mereka dapat minum setetes embun yang jatuh di punggung mereka, tanpa perlu repot-repot menyedot dengan moncongnya. Tentu saja, mereka memperoleh banyak persedian-minum saat hujan turun!

Moloch-moloch ini juga mempunyai tambahan 'alat' di atas leher mereka, semacam kepala 'palsu' yang mirip dengan kepalanya sendiri. Jika terancam bahaya, kadal-kadal ini akan menunduk -menyembunyikan kepalanya jatuh di antara kaki depan mereka dan 'menaruh' kepala palsu itu di tempat yang semula adalah kepala aslinya. Ini membuat siapapun akan kesulitan untuk menelan, bahkan seekor ular! Ketika diganggu, mereka juga dapat memompa diri mereka dengan udara, dan menggelembungkan tubuhnya mirip Ikan Gembung. Anti-predator yang keren!

Molach-molach berjalan perlahan dengan suatu gerakan yang tersentak-sentak, dan sering diam pada tempatnya selagi berjalan (Mirip orang yang sedang mengikuti orang lain: sedikit-dikit jalan sedikit-dikit diam). Ini adalah semacam tipuan, yang membuat kadal-kadal itu sulit ditangkap di alam terbuka. Dan yang lebih spektakuler lagi, mereka dapat juga berubah warna dengan cepat, mirip bunglon. Ketika sedang 'aktif' atau 'hangat', mereka biasanya berwarna merah dan kuning pucat. Tetapi ketika sedang 'pasif' atau 'dingin' mereka adalah buah zaitun gelap yang membosankan.

Tapi mereka sama sekali tidak kebal. Penduduk asli Aborigin dan burung puyuh Australia, -kedua-duanya pemangsa visuil- telah diamati untuk mencoba menangkap setan berduri ini...





AUSTRALIAN THORNY DEVIL (MOLOCH) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mel_anie

0 komentar:

Posting Komentar