Kamis, 22 Januari 2009

Mengetahui Informasi mengenai Baterai Notebook/Laptop anda

Apakah anda pernah mengalami permasalahan terhadap baterai notebook anda yang awalnya mungkin dapat bertahan selama 4 jam sekarang malah hanya mampu bertahan selama 3-2 jam?

Baterai notebook merupakan salah satu perangkat yang rentan terhadap kerusakan. Baterai notebook juga memiliki umur sesuai dengan perawatan kita terhadap notebook. Windows tidak memberikan informasi yang begitu akurat terhadap status baterai anda dan tidak menyertakan informasi mengenai informasi baterai notebook anda.
Pada Baterai notebook dilengkapi dengan sebuah micro-controller yang bertugas melakukan balancing sel Lithium dan memeratakan pengisian. Selain itu, controller ini juga menghitung data-data seperti jumlah energi yang tersimpan dan dikonsumsi. Semuanya disimpan dalam sebuah EEPROM internal dan dapat dibaca dengan tool MobileMeter.

Freeware ini dapat di download DISINI. Tool ini menampilkan semua data-data terpenting mengenai baterai. Selain dengan tampilan grafis, anda pun bisa mengetahui jumlah beban daya (Watt) pada notebook dan kondisi pengisian. Pada tab "Baterry Information", terdapat informasi "Wear Level" mengenai tingkat kerusakan baterai. Semakin kecil angka ini, semakin baik kondisi baterai. Apabila sudah mencapai 75%, sebaiknya baterai notebook diganti. Solusi lainnya adalah dengan mengontak jasa "refill" baterai notebook yang lebih murah daripada membeli baterai baru. Di sini, elemen-elemen baterai akan diganti dengan yang baru. Informasi lain seperti tanggal produksi atau kapasitas baterai juga disertakan. Selain berfungsi sebagai pemantau baterai, MobileMeter juga dapat memeriksa sensor suhu prosesor, graphics chip dan chipset.

Refferensi : Chip. 2008. 117 Solusi Praktis dari dokter chip. PT Elex Media Komputindo: Jakarta.

Mengetahui Informasi mengenai Baterai Notebook/Laptop anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mel_anie

4 komentar:

  1. thanks bro.. infonya ... good post

    BalasHapus
  2. wew usefull info niy....ikut pantau..:D

    BalasHapus
  3. info yang sangat berguna..thanks banget buat sofware nya juga

    BalasHapus