Minggu, 25 Januari 2009

Lidah Mertua sebagai tanaman obat


Dinamakan tanaman lidah mertua karena bentuknya yang tajam. Selain sebagai tanaman hias, Sanseviera kerap ditaruh di sudut dapur atau kamar mandi untuk meredam bau. Sansevieria memang termasuk tanaman hias yang sering disimpan di dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi dengan sedikit air dan cahaya matahari. Sekitar 40 persen air saja yang diperlukan tanaman yang berkembang biak melalui umbi lapis ini untuk tumbuh. Sansivieria adalah satu-satunya tanaman yang mempunyai society.

Klasifikasi:
Kingdom : Plantae
Subkingdom : Tracheobionta
Superdivisio : Spermatophyta
Divisio : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Subkelas : Liliidae
Ordo : Liliales
Familia : Agavaceae
Genus : Sansevieria
Spesies : Sansevieria trifasciata

KANDUNGAN KIMIA DAN EFEK FARMAKOLOGIS : Lidah Mertua mengandung abamagenin.
PERBANYAKAN TANAMAN : Menggunakan anakan.

PERAWATAN : Tanaman ini mampu bertahan dalam kondisi di dalam ruangan. Cukup dikeluarkan seminggu sekali agar terkena matahari. Lalu, masukkan kembali ke dalam ruangan. Ia juga mampu bertahan di negara yang memiliki 4 musim. Akibatnya, ia banyak mengalami penyimpangan bentuk, corak, dan warna.

KHASIAT :
a. Daun memiliki rasa pedas dan bersifat netral. Ia dimanfaatkan sebagai obat bengkak, penyakit kulit seperti eksim, wasir, sakit gigi, telinga berdengung, cacingan, diare, menghentikan pendarahan, sakit kepala, penyubur rambut, pencegah flu, dan penawar racun binatang berbisa. Selain berdasarkan Hasil eksplorasi Joseph Gurtavit dan Pounis di Sabah, Malaysia, daun sanseviera ini dimanfaatkan sebagai pengatur gula darah penderita diabetes.

b. Buah rasanya pahit manis, mengandung astringen, dan bersifat sejuk. Buah bagus dipakai sebagai penurun panas, mencegah peradangan, obat batu ginjal, penyejuk tenggorokan, dan peluruh urin.

c. Akar yang tawar dan bersifat netral menjadi penawar racun, menurunkan tekanan darah, mengobati diare, sipilis, wasir, TBC kelenjar, dan sakit ulu hati.

d. Biji sansevieria bersifat antibakteri yang efektif menekan Mycobaeterium tuberculosis penyebab TBC.

Lidah Mertua sebagai tanaman obat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mel_anie

1 komentar:

  1. hallo, linknya segera saya pasang. wah salam kenal ya, adeknya kul di STMIK Banjarbaru ya, sama dong hehe, bilangin dia jangan lupa ikutan event muri record launching kantor saya ya :D

    seneng bisa bantu, jangan sungkan nanya klo perlu bantuan lagi, happy blogging deh.

    BalasHapus